Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI)

 
Foto : Pembukaan Olimpiade Farmasi Indonesia

Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) pertama kali diprakarsai oleh Universitas Andalas tahun 2009 dengan tujuan awal memajukan Farmasi Indonesia. OFI ke-I yang bertempat di  Universitas Andalas dan ke-II bertempat di kampus Universitas HAMKA (Jakarta Timur) berada di bawah tanggung jawab dosen universitas masing-masing.
Tahun ini Universitas Andalas terutama Fakultas Farmasi  kembali menjadi tuan rumah Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) ke- III. Namun, kali ini dilakukan pembaharuan yang mana tanggung jawab dialihkan ke pundak mahasiswa, khususnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas Farmasi, Universitas Andalas. Penunjukan ini didasari oleh pengunduran diri Universitas Indonesia yang seharusnya menjadi tuan rumah dan penolakan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) karena keterbatasan waktu untuk persiapan pelaksanaan OFI ke III ini. Lanvem Alginda selaku koordinator humas mengungkapkan bahwa, walaupun dengan waktu yang sangat singkat, kurang dari tiga bulan dan dana yang dimiliki sangat minim tetapi Universitas Andalas tetap dapat mempersiapkan acara OFI ke- III ini dengan baik.
            OFI ke-III ini didikuti oleh 20 perguruan tinggi  negeri/swasta yang mempunyai program studi dan Fakultas Farmasi di seluruh Indonesia. Tujuan OFI ini adalah untuk meningkatkan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa. Selain itu, sebagai ajang untuk menjalin hubungan silaturahim dan persaudaran antar mahasiswa Farmasi se-Indonesia. Ajang OFI ini juga diharapkan dapat mendorong mahasiswa Farmasi dalam menyiapkan diri dengan lebih baik untuk menjadi farmasis yang kompeten.
            Acara ini diselenggarakan pada 23-25 September 2011 yang pada pembukaannya bertempat di ruang seminar Gedung F Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat. Dalam OFI III ini para peserta memperebutkan piala bergilir DIKTI.  OFI III, dibuka oleh perwakilan walikota padang, H. Iskandar Syah selaku staf ahli Walikota Padang bidang pembangunan pada Jum’at, 23 september 2011 pukul 09.30 WIB. Dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan dari berbagai pihak yang terkait. Babak penyisihan dilakukan mulai pukul 13.30 WIB sampai selesai.
            Menurut koordinator acara OFI, Riko Adhi Putra, proses penyeleksian tahap awal (babak penyisihan) dilakukan melalui ujian tertulis secara individu. Bahan soal untuk ujian tertulis ini tidak disediakan oleh panitia penyelenggara Universitas andalas, melainkan oleh Komite Olimpiade Farmasi Indonesia (KOFI). Babak ini nantinya akan menyisakan 5 peserta untuk masing-masing bidang yang mana bidang tersebut adalah bidang Farmakologi yang diikuti oleh 32 peserta dan bidang Farmaseptik (Teknologi Farmasi) yang diikuti oleh 37 peserta. Penilaian secara keseluruhan dilakukan oleh dewan juri yang berasal dari KOFI itu sendiri.
            Agenda pada hari kedua, Sabtu, 24 September 2011 adalah babak final, pengumuman pemenang Olimpiade disertai dengan penyerahan hadiah, serta penutupan yang bertempat di hotel Bunda, Padang. Babak final yang akan dimulai pukul 08.00 WIB ini dilakukan dengan menggunakan sistem rebutan. Sebelum pihak KOFI membacakan soal, para peserta untuk kedua bidang diberikan istilah yang sesuai dengan bidang mereka masing-masing dan diminta untuk menjelaskan istilah tersebut. Setelah babak ini selesai maka dewan juri akan memutuskan pemenang I, II, dan III untuk setiap bidang. Setelah penutupan, seluruh peserta dan panitia OFI ke- III direncanakan akan mengadakan jalan–jalan keliling kota Padang yang menggantikan agenda pada minggu, 25 september 2011. Hal ini dikarenakan jadwal pulang para peserta yang umumnya siang hari maka rencana awal untuk keliling SUMBAR ditiadakan.
            Pada OFI III ini para pemenang akan memperoleh tropi, piala, dan uang TABANAS. Untuk juara umum akan mendapatkan piala bergilir dirjen DIKTI Kementrian Pendidikan Nasional. Bendahara OFI, Novira Hamzah mengatakan TABANAS yang diperoleh untuk juara I senilai Rp.3.000.000,-, Rp.2.500.000,- untuk juara II dan Rp.2.000.000,- untuk juara III.


Komentar

Postingan Populer