Siaran Pers ASI


SIARAN PERS
Departemen Kesehatan Indonesia


Pemeberdayaan ASI Ekslusif
Ciptakan Gnerasi Bangsa yang Berkualitas dengan Pemebrian ASI


Menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 1997 dan 2002, lebih dari 95% ibu pernah menyusui bayinya, namun menyusui dalam 1 jam pertama cenderung menurun 8% pada tahun 1997 menjadi 3,7% pada tahun 2002. Cakupan ASI eksklusif 6 bulan juga menurun dari 42,4% pada tahun 1997 menjadi 39,5% pada tahun 2002.

Sedangkan penggunaan susu formula justru meningkat lebih dari 3 kali lipat selama 5 tahun dari 10,8% tahun 1997 menjadi 32,5 % pada tahun 2002.Hal ini sangat meresahkan dan mengkhawatirkan, karena penelitian menunjukkan bahwa ASI memberikan kekebalan yang maksimal dan paling baik tidak hanya pada tahun-tahun awal kehidupan seorang anak, tetapi bahkan sepanjang masa kanak-kanak dan masa dewasa.

Pemberian ASI menurunkan risiko berbagai penyakit , antara lain: leukimia dan limfoma pada anak, diabetes, gangguan pencernaan dan diare, infeksi telinga, infeksi pernafasan, pneumonia, asma dan eksim, meningitis, rematik, osteoporosis, kanker payudara dan kanker indung telur, kolesterol yang lebih rendah, dan obesitas pada masa kanak-kanak maupun remaja.

Berbeda dari susu formula yang berasal dari susu sapi, ASI merupakan suatu spesifik spesies yang khusus dibuat hanya untuk bayi manusia, bahkan hanya untuk bayi sang Ibu, bahkan lebih jauh lagi, ASI yang keluar setiap tetesnya memiliki kandungan berbeda yang khas yang persis sempurna sesuai dengan kebutuhan bayi seorang ibu pada saat itu.

Komposisi yang terkandung dalam susu formula tidak pernah berubah, semuanya disamaratakan bagi setiap bayi dan pada tingkatan umur yang sama, walaupun kebutuhan bayi yang satu dengan yang lain amatlah berbeda. Kandungan lemak (AA, DHA), karbohidrat, protein, vitamin, mineral, enzim, hormon dan yang paling penting zat antibodi yang terkandung dalam ASI tidak akan didapatkan dalam susu formula manapun.

Peduli terhadap kesehatan anak, dapat dilakukan melalui pemberdayaan ASI Ekslusif. Asi adalah makanan yang terbaik dan sempurna bagi anak. Maka berikanlah ASI segera setelah lahir. Dengan ASI, maka anak akan tumbuh sehat, kuat dan cerdas. Oleh sebab itu, penuhi hak buah hati dan  ciptakan generasi bangsa yang berkualitas dengan pemberian ASI.

***


Departemen Kesehatan (Ministry of Health)
Alamat  : Jl. H.R. Rasuna Said Blok X 5 Kav. 4-9, Blok A, 2nd Floor,
Jakarta 12950
Telepon : (021) 520-1590
Fax     : (021) 520-1591

Komentar

Postingan Populer