“21 SEPTEMBER 2010”



            Suasana di negaraku semakin rumit akhir-akhir ini.Keamanan, ketertiban,kenyamanan, dan kedamaian hidup yang selama ini dibangga-banggakan semakin memudar.Perpecahan kini semakin marak saja.Bukan hanya itu, kesejahteraan hidup pun menurun drastis.Tingkat pengangguran yang tinggi membuat banyak masyarakat nekat melakukan apa pun termasuk juga kejahatan seperti pencurian,perampokan,bahkan pembunuhan. Sungguh sangat ironis sebenarnya bila disandingkan dengan sifat keramahan yang menjadi ciri khas masyarakat kita. Tapi itu belum seberapa……,karena saat ini telah terjadi guncangan dalam kerukunan hidup umat beragama di Indonesia yang bisa saja berakibat fatal yaitu perpecahan negara kita. Agama seharusnya tidak menjadi kambing hitam. Kita sebagai rakyat Indonesia seharusnya sudah tahu dan paham akan perbedaan-perbedaan yang ada di antara kita baik dari segi suku,ras,budaya,maupun agama. Saya adalah rakyat Indonesia yang beragama Kristen. Tapi bukan berarti …saya membenci rakyat yang berbeda agama dengan saya.Malahan bisa dibilang orang-orang yang dekat dengan saya saat ini adalah orang-orang yang berbeda keyakinan dengan saya. Bagi saya,selama seseorang itu bisa memahami dan menerima saya apa adanya, saya pun akan terbuka padanya dan melakukan hal yang sama padanya.
            Kejadian kriminal yang menimpa salah satu anggota jemaat gereja saya di daerah Bekasi, Jawa Barat membuat saya tersentak. Hati saya sangat hancur mendengarnya. Dilema pun menghampiri saya, di mana saya mengetahui bahwa pelaku kriminal itu orang-orang yang berbeda agama dengan saya. Sempat terpikirkan olehku bahwa di balik semua ini ada tersimpan motif untuk menghancurkan suatu agama. Tapi tidak butuh waktu lama,saya pun berhasil menepis pikiran seperti itu.Saya harus membuka mata dan hati untuk melihat duduk permasalahannya.Saya berusaha untuk netral dalam masalah ini. Tapi saya harap kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi apapun alasannya. Karena semuanya sebenarnya bisa diselesaikan dengan baik dan damai. Semoga kerukunan hidup umat antar agama di Indonesia tetap terjaga dan lestari. Dan untuk pemerintah negara Indonesia diharapkan bisa kurang lebih adil dalam memperlakukan semua rakyatnya baik yang beragama Islam (mayoritas),Kristen,Katolik,Hindu, atau Budha.

Komentar

Postingan Populer